Menu

Kementerian PUPR dorong layanan PDAM optimalkan kualitas-kuantitas air

Sunday, July 7th 2019.

..sebanyak 223 PDAM (57 persen) berkinerja sehat, 99 PDAM (25 persen) kurang sehat, 52 PDAM (13 persen) berkinerja sakit dan 17 PDAM (5 persen) belum dinilai kinerjanya.

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk terus meningkatkan pelayanan air minum yang memenuhi prinsip kualitas, kuantitas dan kontinuitas (K3) kepada masyarakat.

Kementerian PUPR melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) telah mengeluarkan hasil penilaian kinerja PDAM tahun 2018 terhadap 374 PDAM dari 391 PDAM yang ada di Indonesia.

“Kelancaran pembayaran pelanggan PDAM juga dipengaruhi karena PDAM belum memberikan pelayan air minum yang memenuhi prinsip K3 secara optimal. Misalnya pelayanan pada loket pembayaran PDAM,” kata kata Kepala BPPSPAM Bambang Sudiatmo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.
Baca juga: Indonesia-AS-Swiss sediakan air bersih bagi 60.000 warga

Penilaian dilakukan untuk tahun buku 2017, untuk melihat dan mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi dan efektivitas pengelolaan PDAM. Hasilnya sebanyak 223 PDAM (57 persen) berkinerja sehat, 99 PDAM (25 persen) kurang sehat, 52 PDAM (13 persen) berkinerja sakit dan 17 PDAM (5 persen) belum dinilai kinerjanya.

Untuk bisa memenuhi layanan K3, Bambang Sudiatmo menambahkan kualitas air PDAM dapat ditingkatkan dengan cara melakukan uji kualitas air minum secara teratur dan meningkatkan jam operasi layanan dari 5 jam ke 24 jam dengan mengoptimalkan sistem yang ada.
Baca juga: Kementerian PUPR ingin kepala daerah dukung terus PDAM

Sedangkan untuk mendorong masyarakat rajin membayar tagihan, PDAM dapat memperbanyak loket pembayaran dengan melakukan kerjasama dengan pihak ketuga untuk pembayaran online serta memberikan hadiah kepada pelanggan yang membayar tagihan air minum tepat waktu.

PDAM juga harus secara rutin melakukan penggantian meter air pelanggan yang usianya sudah di atas lima tahun untuk menghindari kebocoran air non-fisik. PDAM juga harus terus memperluas layanan dengan membangun jaringan distribusi dengan memanfaatkan kapasitas berlebih PDAM yang masih ada.

Dicontohkan, PDAM Maluku Tenggara, ada kapasitas tak termanfaatkan sebesar 26,51 liter per detik yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas cakupan layanan sebanyak 3.345 sambungan rumah (SR). Padahal hal itu menjadi potensi pendapatan bagi PDAM sebesar Rp2 miliar selama lima tahun.

Baca juga: Menteri PPN dorong PDAM hasilkan “potable water”
Baca juga: Swiss bakal latih 600 staf PDAM kelola air

Menteri PUPR janji bangun kembali jembatan yang rusak

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019



Sumber : AntaraNews.com

Butuh Aspal Pertamina? Eceran atau partai besar? Kami siap mensuplai kebutuhan Aspal untuk seluruh Project anda. PT. Bahari Unggul Ajimulya adalah agen resmi aspal drum pertamina pen grade 60/70. Melayani pembelian eceran, maupun pembelian partai besar (minimal 30 drum).


Area Pemasaran ke seluruh wilayah Indonesia. Karena kami adalah Distributor Aspal Curah Pertamina yang telah banyak membantu konsumen dalam mensuplai kebutuhan Aspal Pertamina

Related Article Kementerian PUPR dorong layanan PDAM optimalkan kualitas-kuantitas air

Sunday 29 October 2017 | Berita

Norrkopping, Swedia (ANTARA News) – Perusahaan global Siemens sejak beberapa waktu belakangan bergerak ke arah digital demi mendorong efesiensi baik dari segi waktu maupun biaya.“Digitalisasi…

Friday 27 September 2019 | Berita

Jakarta (ANTARA) – Grup PSA, selaku pemegang merek Peugeot Global, akan memperkenalkan kendaraan konsep terbarunya Peugeot Boxer 4×4 dalam Recreational Vehicle Show, Le Bourget di…

Friday 5 July 2019 | Berita

Bandung (ANTARA) – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan pembangunan Terowong Nanjung di Kabupaten Bandung saat ini sudah mencapai 80 persen dan…